Laksa

-Laksa-

Kota Tangerang memiliki salah satu kuliner khasnya yaitu Laksa.
Laksa Tangerang berbeda dengan Laksa Betawi atau Laksa Cibinong/Bogor.

Laksa bogor kuah kentalnya berasal dari potongan oncom. Lalu dalam campurannya ada ketupat, bihun, tauge panjang, suwiran daging ayam, udang dan telur rebus. Biasanya dimakan dengan sambal cuka.

Laksa betawi biasanya berisi telur, ketupat, tauge pendek, daun kemangi, dan kucai. Ada juga yang menambahkan bihun dan perkedel.

Sedangkan Laksa Tangerang terbuat dari mie tepung beras putih yang telah direbus, lalu ditaburi daun seledri, setelah itu mie diberi kuah kuning kental  Pelengkapnya bisa opor ayam , telur rebus atau tahu. 

Untuk menikmati kuliner ini, pengunjung dapat mengunjungi daerah Ahmad Yani dekat SMP 4 Tangerang. Kawasan wisata kuliner ini lebih bersih, lebih luas, tertata rapi, dan nyaman. Keuntungan lainnya, dengan di satukannya para pedagang laksa di sini,  juga mempermudah supplier makanan pelengkap laksa ( supplier telur rebus, kerupuk, otak-otak)  untuk saling berhubungan dengan beberapa tukang laksa yang ada.

Untuk membedakan antar pedagang laksa, di samping setiap pikulan ada plang nama penjual laksa terbuat dari kayu. Jadi kalian bisa memilih laksa dari penjual yang mana yang ingin kalian cicipi..

Leave a comment